Senin, 01 Oktober 2012

Peranan Bahasa Indonesia Saat Ini







Indonesia terdiri dari berbagai suku dan adat yang jumlahnya terbilang banyak, yang juga memiliki bahasa daerah yang banyak pula. Jika tidak ada bahasa Indonesia maka dapat dipastikan akan terjadi kesalahpahaman dalam komunikasi sehari-hari. Maka dari itu Bahasa Indonesia digunakan untuk menjadi bahasa pemersatu bangsa untuk mempermudah dalam berkomunikasi di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Tentunya kita semua tahu bahwa pada masa sekarang ini, anak muda indonesia kerap kali menggunakan “bahasa gaul” sebagai alat komunikasi sehari-hari. Bahasa Indonesia yang baik dan benar pun sudah jarang terdengar lagi, mungkin hanya bisa kita dengar pada saat situasi yang bersifat formal. Masyarakat pada umumnya berpikir kalau kita menggunakan bahasa Indonesia sesuai aturan berarti kita sudah ketinngalan jaman, tidak gaul, kaku, dan lain sebagainya. Pandangan generasi muda pun berubah, dan akhirnya mereka terbawa arus, menggunakan bahasa gaul dalam komunikasi sehari-hari. Jika ini dibiarkan terjadi di lingkungan generasi muda, bukan tidak mungkin identitas atau jati diri bangsa Indonesia yang sebenrnya akan luntur.

Sekarang ini generasi muda kita kurang memberikan pengaruh yang positif bagi bahasa Indonesia. Seharusnya generasi muda penerus bangsa menjaga baik, memelihara, dan melestarikan apa yang sudah kita miliki, bukannya mengubah sesuai kemauan mereka. Untuk itu, mulai dari sekarang marilah gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidahnya dan untuk menjaga kelestarian bahasa yang satu Bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar