Sabtu, 20 April 2013

Metode Ilmiah

Analisis Jurnal Penulisan Ilmiah dengan Tema Analisis Peramalan
"Analisis Peramalan pada Penjualan Motor Honda Vario Techno pada PT Federal International Finance Cabang Pondok Gede"

1. Latar Belakang
    Motor merupakan salah satu kebutuhan utama untuk transportasi masyarakat, padatnya aktifitas yang dilakukan masyarakat setiap harinya menjadikan kebutuhan motor setiap tahunnya meningkat, terutama masyarakat yang berada di kota – kota besar yang memiliki tingkat aktifitas yang tinggi. Karena banyaknya permintaan motor tetapi banyak pula yang tidak mampu untuk membeli secara cash, maka di dirikanlah perusahaan leasing yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk membeli motor secara kredit sehingga kebutuhan tersebut dapat tercapai.

    Di Indonesia terutama di kota besar, motor lebih banyak digunakan untuk beraktifitas di bandingkan dengan kendaraan pribadi lain seperti mobil, karena harganya yang jauh lebih murah. Oleh karena itu motor menjadi primadona di kalangan masyarakat menengah kebawah. Dengan perkembangannya, perusahaan berlomba – lomba untuk menawarkan kredit motor dengan harga bersaing sehingga dapat menarik minat konsumen untuk membelinya. 

   Dengan semakin ketatnya persaingan pada setiap perusahaan maka perlu dibuat peramalan penjualan, agar perusahaan dapat mengetahui, menganalisis, dan mengantisipasi keadaan di masa mendatang. Dengan mengetahui peramalan penjualan di masa mendatang maka perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat dan akurat untuk dapat mencapai target penjualan dengan baik. Oleh karena itu membuat saya tertarik untuk mengambil judul Penulisan Ilmiah, dengan judul “Analisis Peramalan Penjualan Motor Honda Vario Techno pada PT Federal International Finance Cabang Pondok Gede“.

1.1  Rumusan dan Batasan Masalah
         Rumusan Masalah
Rumusan masalah menjadi suatu yang penting dalam penelitian, agar batasan masalah menjadi jelas. Penulis merumuskan masalah tentang bagaimana cara meramalkan penjualan motor Vario Techno pada bulan April 2010 sampai dengan April 2013 pada PT. FIF cabang Pondok Gede.
Batasan Masalah
Penulis membatasi masalah hanya pada Peramalan Penjualan pada PT. FIF cabang Pondok Gede pada bulan April 2010 sampai dengan April 2013 yang menjadi dasar perhitungan.

1.2        Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peramalan penjualan bulan Mei 2013 pada PT. FIF cabang Pondok Gede.

1.3        Manfaat Penelitian

            Manfaat Akademis
Mengetahui dan mempraktekan teori dalam kasus nyatanya dalam bidang manajemen oprasi sehingga dapat meramalkan penjualan suatu produk dimasa yang akan datang.

Manfaat Praktis
Hasil penelitian ini dapat di jadikan bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk dapat digunakan sehingga mempunyai perkiraan strategi dan langkah tepat dari peramalan penjualan di masa yang akan datang.


1.4        Metode Penelitian

       Objek Penelitian
Objek penulisan ilmiah ini dilakukan di PT. FIF cabang Pondok Gede yang berlokasi di Jl. Raya Hankam No.21 Pondok Gede Jakarta Timur.

 Data atau Variabel
Penelitian ini menggunakan data penjualan pada PT. FIF cabang Pondok Gede selama 3 tahun. Periode April 2010 sampai April 2013.

Metode Pengumpulan Data atau Variabel
Metode yang digunakan untuk menunjang data dan informasi kpenelitian melalu :
1.           Studi Pustaka
Yaitu dengan menggunakan referensi dari berbagai buku yang berhubungan dengan penelitian ini.
2.           Wawancara
Yaitu penelitian dengan cara berinteraksi dengan maksud menggali informasi yang bersangkutan dengan penelitian ini.

            Alat analisis yang digunakan
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah :

1.                  Moving Average ( MA )
2.                  Weight Moving Average ( WMA )
3.                  Exponential Smoothing ( ES )


SIMPULAN
Jadi, penulisan ilmiah yang sedang saya teliti adalah mengenai peramalan pada PT Federal International Finance. Dengan menggunakan metode peramalan, maka kita dapat meramalkan penjualan pada PT tersebut pada bulan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar